Beranda » Blog » Pedoman Doa Agar Bisa Umroh / Haji ke Tanah Suci Mekkah

Pedoman Doa Agar Bisa Umroh / Haji ke Tanah Suci Mekkah

T Diposting oleh pada 22 February 2019
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 50 kali

Dalam setiap umat mu’min, pastinya memiliki impian dan dalam doa agar bisa umroh / haji ke Tanah Suci baik melakukan ibadah sunnah seperti umroh atau yang wajib yakni ibadah Haji. Selalu tersimpan dalam hatinya harapan ketika kembali ke Tanah Air akan mendapatkan ridha Allah SWT dan diterima segala ibadahnya.

Dari setiap doa ingin umroh / haji ini, tentunya hanya dengan 1 harapan terbesar, berharap agar mendapatkan predikat maqbulan atau umroh yang diterima atau haji mabrur.

Untuk dapat melaksanan ibadah umroh, tentunya memerlukan bukan dari sekadar persiapan fisik, tidak kalah pentingnya adalah persiapan ilmu dan kebersihan lahir dan batin. Termasuk kehalalan rezeki yang digunakan untuk menunaikan haji atau umrah, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Keinginan untuk dapat melaksanakan ibadah di Tanah Suci dapat dilaksanakan melalui ibadah umroh ini hukumnya sunnah. Walau demikian, umrah akan menjadi wajib manakala telah diniatkan atau menjadi nazar.

Hakikat dari melaksanakan umrah adalah niatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membawa perubahan kepada umat yang melaksanakan tentunya ke arah perbaikan.

Mempersiapkan biaya yang diperoleh secara halal, karena Allah Mahasuci dan hanya menerima yang baik, oleh karena itu, harta yang dipergunakan untuk berangkat ke sana haruslah harta yang bersih, meluruskan niat untuk ibadah, bertaubat kepada Allah, dan meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat, sangat penting untuk dilakukan.

Seperti  kita ketahui jika menunaikan ibadah ke Tanah Suci memerlukan biaya yang lumayan besar, sehingga ibadah ini hanya dikhususkan bagi yang mampu. Meski begitu perlu diketahui jika kategori mampu tersebut bukanlah berasal hanya dari materi yang kita punya, namun juga atas izin dari Allah.


Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa amalan atau doa agar bisa umroh / haji di antarnya :

  • Niat adalah salah satu yang tidak boleh ketinggalan. Ibadah tanpa niat bisa jadi hanya akan sia-sia belaka. Jadi pastikan sebelumnya untuk menguatkannya terlebih dulu. Pastikan niat kita hanya untuk Allah bukan karena status atau hal lainnya.
  • Perbanyak doa untuk dimudahkan melaksanakan ibadah umroh atau ibadah haji
  • Perbanyak doa di waktu mustajabnya doa. Ada beberapa waktu dimana ketika ini doa tidak tertolak yakni :
  • Sepertiga malam: Banyak hadist yang membahas keutamaan sepertiga malam untuk memanjatkan doa. Salah satunya ada pada Hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang berbunyi :
  • Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah turun ke langit dunia pada setiap malam, yaitu pada 1/3 malam terakhir seraya berfirman, ‘Siapa yang berdo’a kepadaKu niscaya akan Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu niscaya akan Aku berikan dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.”
  • Hadist diatas menjelaskan jika ketika itu adalah waktu terbaik dimana segala doa akan dikabulkan, juga dengan doa agar bisa umroh atau haji.
  • Lantas kapankah sepertiga malam terakhir itu? Perhitungan sepertiga malam terakhir ini dimulai kisaran pukul 1 malam.
  • Doa setelah shalat fadhu
  • Sebuah hadist menyebutkan jika doa setelah shalat fardhu adalah doa yang mustajab. Hal ini diriwayatkan dalam hadist Dari Abu Umamah yang diriwayatkan Tirmidzi. Dia (Abu Umamah) berkata;
  • “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.”
  • Juga, perbanyak doa dan dzikir setelah shalat lima waktu agar nanti dimudahkan untuk berangkat ke Makkah. “Ya Allah karuniakan kepada kami rezeki yang luas, halal, baik lagi berkah, dan Engkaulah sebaik-baiknya yang memberikan rezeki.”
  • Kejar keutamaan Hari Jum’at. Hal ini sudah diisyaratkan oleh Beliau Shallahu Alaihi Wassalam dalam hadis riwayat Bukhari.
  • Diriwayatkan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menuturkan perihal hari Jumat lantas Beliau bersabda :

“Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut”


Dilansir dari laman website ustadz Yusuf Mansur, beliau mengajarkan bagaimana cara dan doa agar bisa umroh / haji setiap tahun. Doa ini diajarkan dari gurunya. Adapun lafadz doa tersebut :

  • Allohummarzuqna ziarota baitikal mu’adzdzom warosulikal mukarrom fi hadzal’am wafi kulli ‘am biahsanilhaq. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin. “

Ya Allah beri aku rizki untuk dapat berkunjung ke rumah-Mu yang agung, dan rasul-Mu yang mulia di tahun ini, dan di setiap tahun, dengan sebaik-baik kondisi.”

Amalkan doa umroh dan haji ini sebanyak-banyaknya selepas shalat dan insyaAllah akan bisa berangkan ke Tanah suci bersama keluarga

  • Memperbanyak membaca dan memahami ayat-ayat yang berhubungan dengan ibadah umroh ataupun haji.

Salah satu ayat yang berhubungan dengan ibadah di Tanah Suci terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 128 yang artinya :

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

  • Panjatkan doa umroh atau haji diatas dengan khusu’ dan penuh tawwadu khususnya pada waktu-waktu diijabahnya doa.
  • Setelah shalat Jum’at, amalkan pula doa ini sebanyak 7 kali.

“Ya Allah Yang Maha Kaya, Yang Maha Terpuji, Yang Maha Pencipta, Yang Maha Mengembalikan, Yang Maha Penyayang, Maha mengasihi. Ya Allah jadikanlah kami kaya dengan apa yang telah Engkau halalkan dari yang Engkau haramkan, dan dengan ketaatan

  • Perbanyak shalawat dan tingkatkan ibadah khususnya di sepertiga malam terakhir.
  • Meningkatkan keilmuwan dengan mempelajari segala hal tentang ibadah umroh atau haji, mulai dari rukun, larangan dan doa umroh dan haji. Pelajari juga tata cara manasik baik dengan mengikuti kegiatan manasik atau dengan video.
  • Tanyakan pengalaman pada orang yang sudah pernah ke Tanah Suci
  • Perbanyak sedekah. Sedekah disini harus dilakukan dengan ikhlas tidak terpaksa atau dipaksa.
  • Selalu sisihkan uang berapapun setiap hari yang dikhususkan untuk biaya umroh maupun biaya haji
  • Mintalah doa dari Orang tua
  • Cobalah untuk memasang gambar Ka’bah didinding kamar dan afirmasikan diri kita berada diantara ribuan jamaah. Afirmasi sendiri adalah kegiatan memotivasi yang akan membuat keyakinan kita kian kuat.
  • Tawakal pada Allah. Jika Allah sudah berkehendak, maka pastinya kita akan dipermudah baik dari segi rizki maupun segalanya.

Doa adalah senjatanya orang mukmin, untuk itu berdoalah, Allah akan mengabulkannya. Termasuk doa agar bisa umroh dan haji ke tanah suci Mekkah.

Demikianlah beberapa amalan serta doa agar bisa umroh dan haji yang seyogyanya dapat  kita ikhtiarkan setiap hari, jangan lupa untuk selalu bertawakal. Jangan pernah menyerah untuk berdoa karena kita tidak tahu kapan Allah akan mengabulkannya.

Belum ada Komentar untuk Pedoman Doa Agar Bisa Umroh / Haji ke Tanah Suci Mekkah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Pedoman Doa Agar Bisa Umroh / Haji ke Tanah Suci Mekkah

paket umroh murah

Paket Umroh Murah Untuk Warga Karawang, Cikampek & Purwakarta

T 22 January 2019 F , A Admin Rima Travel

Memilih paket umroh murah tidak bisa Anda menetukan asal murah saja, tentunya Anda harus bisa melihat secara rinci bagaimana juga pelayanan yang meliputi saat sebelum berangkat, misal pelatihan manasih, persiapan menuju bandara, bimbingan aktifitas saat di Mekkah, saat – saat... Selengkapnya

umroh rombongan

Paket Umroh Rombongan 2019 Nikmat Syiar Islam Dalam Kebersamaan

T 21 February 2019 F , A Admin Rima Travel

Mengapa perlunya mengikuti Program Umroh Rombongan? Interaksi antar sesama manusia, yang notabene sebagai makhluk sosial, juga telah diperintahkan dalam agama Islam juga disebutkan bahwa selain mempunyai hubungan khusus dengan Allah SWT kita juga harus mempunyai hubungan yang istimewa dengan sesama... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Kami siap membantu Anda dengan sepenuh hati, segera >>

Pusat Informasi & Kerjasama Bisnis Kemitraan, Jasa Pembuatan Website di Karawang, Kerjasama Usaha, Pelatihan Bisnis Online, Internet Marketing,Mitra Usaha informasi bisnis, tips bisnis, trik komputer, kumpulan ilmu komputer, kumpulan ilmu bisnis, berita terkini, artikel bisnis, kumpulan peluang usaha Model Hijab Muslimah, Grosir Gamis Muslim Terbaru, Baju Seragam Pengajian, Model Gamis Syari toko herbal di karawang, toko kosmetik di karawang, toko pasutri di karawang toko rima, grosir fashion di karawang, toko baju di karawang, grosir sepatu karawang, grosir baju anak, trend mode, model jaket terbaru, jual jaket kulit, jual aksesoris wanita info properti, rumah murah, agen properti, investasi properti jabodetabek, rumah subsidi, rumah kpr Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Agam, Alor, Asahan, Asmat, Badung, Balangan, Bandung, Bandung Barat, Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangkalan, Bangli, Banjar, Banjarnegara, Bantaeng, Bantul, Banyuasin, Banyumas, Banyuwangi, Barito Kuala, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Barru, Batang, Batanghari, Batubara, Bekasi, Belitung, Belitung Timur, Belu, Bener Meriah, Bengkalis, Bengkayang, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Berau, Biak Numfor, Bima, Bintan, Bireuen, Blitar, Blora, Boalemo, Bogor, Bojonegoro, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Bombana, Bondowoso, Bone, Bone Bolango, Boven Digoel, Boyolali, Brebes, Buleleng, Bulukumba, Bulungan, Bungo, Buol, Buru, Buru Selatan, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Ciamis, Cianjur, Cilacap, Cirebon, Dairi, Deiyai, Deli Serdang, Demak, Dharmasraya, Dogiyai, Dompu, Donggala, Empat Lawang, Ende, Enrekang, Fakfak, Flores Timur, Garut, Gayo Lues, Gianyar, Gorontalo, Gorontalo Utara, Gowa, Gresik, Grobogan, Gunung Mas, Gunungkidul, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Utara, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Humbang Hasundutan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Indramayu, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Jember, Jembrana, Jeneponto, Jepara, Jombang, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kaimana, Kampar, Kapuas, Kapuas Hulu, Karanganyar, Karangasem, Karawang, Karimun, Karo, Katingan, Kaur, Kayong Utara, Kebumen, Kediri, Keerom, Kendal, Kepahiang, Kepulauan Anambas, Kepulauan Aru, Kepulauan Mentawai, Kepulauan Meranti, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Selayar, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Sula, Kepulauan Talaud, Kepulauan Yapen, Kerinci, Ketapang, Klaten, Klungkung, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kota Ambon, Kota Balikpapan, Kota Banda Aceh, Kota Bandar Lampung, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kota Batam, Kota Batu, Kota Bau-Bau, Kota Bekasi, Kota Bengkulu, Kota Bima, Kota Binjai, Kota Bitung, Kota Blitar, Kota Bogor, Kota Bontang, Kota Bukittinggi, Kota Cilegon, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Denpasar, Kota Depok, Kota Dumai, Kota Gorontalo, Kota Gunungsitoli, Kota Jambi, Kota Jayapura, Kota Kediri, Kota Kendari, Kota Kotamobagu, Kota Kupang, Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, Kota Lubuklinggau, Kota Madiun, Kota Magelang, Kota Makassar, Kota Malang, Kota Manado, Kota Mataram, Kota Medan, Kota Metro, Kota Mojokerto, Kota Padang, Kota Padangpanjang, Kota Padangsidempuan, Kota Pagar Alam, Kota Palangka Raya, Kota Palembang, Kota Palopo, Kota Palu, Kota Pangkal Pinang, Kota Parepare, Kota Pariaman, Kota Pasuruan, Kota Payakumbuh, Kota Pekalongan, Kota Pekanbaru, Kota Pematangsiantar, Kota Pontianak, Kota Prabumulih, Kota Probolinggo, Kota Sabang, Kota Salatiga, Kota Samarinda, Kota Sawahlunto, Kota Semarang, Kota Serang, Kota Sibolga, Kota Singkawang, Kota Solok, Kota Sorong, Kota Subulussalam, Kota Sukabumi, Kota Sungai Penuh, Kota Surabaya, Kota Surakarta, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tanjung Pinang, Kota Tanjungbalai, Kota Tarakan, Kota Tasikmalaya, Kota Tebing Tinggi, Kota Tegal, Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kota Tomohon, Kota Tual, Kota Yogyakarta, Kotabaru, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kuantan Singingi, Kubu Raya, Kudus, Kulon Progo, Kuningan, Kupang, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Lahat, Lamandau, Lamongan, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Landak, Langkat, Lanny Jaya, Lebak, Lebong, Lembata, Lima Puluh Kota, Lingga, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Lumajang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Madiun, Magelang, Magetan, Mahakam Ulu, Majalengka, Majene, Malaka, Malang, Malinau, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Mamasa, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mamuju, Mamuju Tengah, Mamuju Utara, Mandailing Natal, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Manokwari, Manokwari Selatan, Mappi, Maros, Maybrat, Melawi, Mempawah, Merangin, Merauke, Mesuji, Mimika, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Mojokerto, Morowali, Morowali Utara, Muara Enim, Muaro Jambi, Mukomuko, Muna, Muna Barat, Murung Raya, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Nabire, Nagan Raya, Nagekeo, Natuna, Nduga, Ngada, Nganjuk, Ngawi, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Nunukan, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Pacitan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Padang Pariaman, Pakpak Bharat, Pamekasan, Pandeglang, Pangandaran, Pangkajene dan Kepulauan, Paniai, Parigi Moutong, Pasaman, Pasaman Barat, Paser, Pasuruan, Pati, Pegunungan Arfak, Pegunungan Bintang, Pekalongan, Pelalawan, Pemalang, Penajam Paser Utara, Penukal Abab Lematang Ilir, Pesawaran, Pesisir Barat, Pesisir Selatan, Pidie, Pidie Jaya, Pinrang, Pohuwato, Polewali Mandar, Ponorogo, Poso, Pringsewu, Probolinggo, Pulang Pisau, Pulau Morotai, Pulau Taliabu, Puncak, Puncak Jaya, Purbalingga, Purwakarta, Purworejo, Raja Ampat, Rejang Lebong, Rembang, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sambas, Samosir, Sampang, Sanggau, Sarmi, Sarolangun, Sekadau, Seluma, Semarang, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Serang, Serdang Bedagai, Seruyan, Siak, Sidenreng Rappang, Sidoarjo, Sigi, Sijunjung, Sikka, Simalungun, Simeulue, Sinjai, Sintang, Situbondo, Sleman, Solok, Solok Selatan, Soppeng, Sorong, Sorong Selatan, Sragen, Subang, Sukabumi, Sukamara, Sukoharjo, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Sumedang, Sumenep, Supiori, Tabalong, Tabanan, Takalar, Tambrauw, Tana Tidung, Tana Toraja, Tanah Bumbu, Tanah Datar, Tanah Laut, Tangerang, Tanggamus, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapin, Tasikmalaya, Tebo, Tegal, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Temanggung, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Toba Samosir, Tojo Una-Una, Tolikara, Toli-Toli, Toraja Utara, Trenggalek, Tuban, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Tulungagung, Wajo, Wakatobi, Waropen, Way Kanan, Wonogiri, Wonosobo, Yahukimo, Yalimo,